MAKNA SHOLAT

Secara bahasa, ‘sholat’ berarti doa, sedangkan menurut istilah, sholat merupakan aktivitas yang terdiri atas beberapa perkataan dan perbuatan yang diawali dengan niat dan takbirotul ihrom lalu diakhiri dengan salam

Seluruh umat muslim di dunia pasti sudah tahu apa  sholat itu, karena sholat itu wajib bagi seluruh umat muslim di dunia, sholat juga yang membedakan agama islam dengan yang lainya, karena umat selain non muslim itu tidak sholat. Jika kita sholat berarti kita patuh terhadap agama dan takut kepada allah, serta sholat membuat kita agar menjadi orang yang bersyukur kepada Allah swt. Sholat itu adalah tiangnya agama seperti sebuah rumah jika tidak mempunyai tiang maka rumah itu akan roboh,

الصَّلاَةُ عِمَادُ الدِّيْنِ, مَنْ أَقَامَهَا فَقَدْ أَقَامَ الدِّيْنَ, وَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدَ هَدَمَ الدِّيْنَ

Sholat itu adalah tiang agama (Islam), maka barangsiapa mendirikannya maka sungguh ia telah mendirikan agama (Islam) itu dan barangsiapa merobohkannya maka sungguh ia telah merobohkan agama (Islam) itu

 begitu pun manusia jika tidak sholat maka imanya akan rusak. Jika sholat kita baik disertai maka insya allah amal kita pun akan baik begitu pula sebaliknya, sholat itu wajib bagi umat muslim, yang artinya jika dikerjakan akan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan akan mendapat dosa. Sholat yang wajib itu biasanya untuk orang yang sudah baligh yang artinya sudah dewasa, ciri-ciri sudah dewasa bagi laki-laki yaitu mimpi basah, sedangkan bagi perempuan yaitu menstruasi, biasanya seorang perempuan akan cepat baligh daripada laki-laki soalnya perempuan diusia 10 tahunan sudah ada yang mesntruasi. Yang tandanya dia sudah wajib sholat. Bagi anak-anak belum diwajibkan sholat karena dia belum baligh atau dia masih belum tahu mana yang baik dan mana yang benar. Jadi buat yang masih belum baligh belum dia blum mendapat dosa. Sebagai orang tua kita harus mendidik anak-anak kita untuk sholat agar nantinya jika sudah besar bisa sholat sendiri, tanpa harus disuruh-suruh. Tapi kadang manusia itu suka menunda-nunda sholat, misalnya waktunya sudah solat dzuhur tapi dia sedang asyik dengan pekerjaanya, dan akhirnya dia tidak solat karena kelalainya karena waktu sholat dzuhur sudah habis. Di dunia ini manusia kadang-kadang lebih mementingkan pekerjaanya daripada sholat,  lihat saja manusia sekarang sudah waktunya sholat masih saja asyik dengan dunianya sendiri. Sholat itu adalah wajib tetapi tidak wajib bagi seseorang jika seseorang itu gila, bagi perempuan haids juga tidak boleh, dan kepada musafir juga. Jika kita sholat kadang-kadang kita berada di dua hal antara khusyuk dan tidak khusyuk, jika kita khusuk pikiran kita kosong dan hanya kepada ayat-ayat allah saja, tetapi jika kita tidak khusyuk pasti pikiran kita melayang kemana-mana. Saya akui saya sering kali tidak khusyuk jika sholat kadang pikiran saya suka kemana-mana, entah masalah, pikiran , dll. Memang susah untuk melakukan khusyuk, agar kita bisa khusyuk kita harus tenang rileks, karena sholat yang khusyuk itu insya allah akan diterima oleh Allah SWT.

Sebelum kita sholat kita harus bersih dan terhindar dari najis, karena kita mau menghadap Allah SWT.  oleh sebab itu kita diwajibkan untuk berwudhu, berwudhu adalah hal yang paling utama jika kita ingin sholat , karena jika kita sholat tanpa berwudhu berarti sholat kita tidak sah, maka  sholat kita pun menjadi sia-sia jika kita tidak berwudhu.  Berwudu akan menghilangkan kotoran yang ada di badan kita. Sehingga kita bersih dan siap untuk shalat.

Jika kita melakukan sholat kita harus memakai yang bersih, janganlah memakai baju yang kotor karena kita akan menghadap allah, baju kita harus bersih dan terhindar dari kotor. Jika baju merasa kotor kita harus menggantinya, dan jangan sampai kita sholat tapi dalam keadaan kotor.dalam juga kita harus menutup aurat, bagi wanita auratnya adalah seluruh badan kecuali tangan dan wajah, jika laki-laki auratnya adalah dari pusar samapi lutut, janganlah kita sholat hanya memakai kutang saja atau memakai celana pendek, itu berarti sama saja kita tidak solat.

Untuk tempat kita bisa sholat dimana saja yang penting bersih dan bersih dari najis serta harus menghadap kiblat, tetapi untuk sholat allah lebih suka sholat berjamaah dibanding sholat sendiri, kenapa sholat berjamaah lebih baik daripada sholat sendiri karena dengan sholat berjamaah allah akan menambahkan pahala dua kali lipay dibanding dengan sholat sendirian. 

Sholat itu menjadikan hidup kita menjadi lebih bermakna, sholat itu mempunyai banyak manfaat selain mendapatkan pahala, misalnya dengan shalat kita kita akan lebih banyak menssyukuri apa yang Allah berikan, sholat mengajarkan kita untuk disiplin, tawdhu, dan masih banyak lagi, kadang manusia itu suka malas untuk melakukan sholat karena dia harus bangun pagi-pagi, dia juga harus meninggalkan pekerjaanya, justru itu lah yang berat karena pada saat itu setan mengganggu manusia untuk tidak sholat, karena manusia sering menunda sholat akhirnya waktu sholat pun habis dan sholat pun tidak jadi.

Sholat juga mencegah perbuatan keji dan mungkar seperti dalam ayat dibawah ini :

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلاةَ إِنَّ الصَّلاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Qur’an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya, mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” – (QS.29:45)

Sholat terbagi menjadi macam-macam, ada sholat fardu, sholat sunah, dan fardu kifayah. Sholat fardu itu adalah sholat yang wajib, artinya harus dilakukan, tidak boleh tidak,  dan jika ditinggalkan akan mendapat pahala, kalau solat sunah itu solat yang boleh tidak boleh iya, artinya sholat itu boleh ditinggalkan tetapi lebih baik jika kita kerjakan, karena jika kita kerjakan akan mendapat pahala yang berlimpah oleh Allah SWT, jika sholat fardu kifayah itu adalah solat kepada jika seseorang tetangga kalian ada yang meninggal , maka wajib dishalatkan, jika tidak  disolatkan maka  semua warga setempat akan mendapat dosa tetapi jika disholatkan maka seluruh  warga setempat akan mendapat pahala, biarpun hanya sebagian warga saja yang mendapatkanyang mensholatkan, 

Jika seseorang sakit atau tidak bisa berdiri, maka dia boleh melakukan sholat dengan duduk, jika dia tidak dapat duduk maka dia boleh solat dengan berbaring, jika tidak bisa bergerak, maka boleh melakukan sholat dengan syarat, misalnya dengan mata. Sebenarnya islam itu memberikan kemudahan, tidak memberikan kesulitan, hanya saja manusia sekarang ingin menggampangkan saja, misalnya jika mereka pergi ke suatu tempat, padahal tempatnya itu dekat, habis itu mereka melihat sebuah mesjid atau musholla, tetapi mereka lebih mengutamakan sampai dulu ketempat tujuan dan akhirnya mereka mengqada solat tersebut. Padahal kan itu tidak diperbolehkan harusnya mereka sholat dahulu baru menuju lokasi ketempat yang mereka tujui.

قُلْ لِعِبَادِيَ الَّذِينَ آمَنُوا يُقِيمُوا الصَّلاةَ وَيُنْفِقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلانِيَةً مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ يَوْمٌ لا بَيْعٌ فِيهِ وَلا خِلالٌ

“Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: ‘Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebagian rejeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi ataupun terang-terangan, sebelum datang hari (kiamat), yang pada hari itu tidak jual-beli dan persahabatan.” – (QS.14:31)

Pada ayat diatas kita disuruh oleh Allah untuk sholat sampai akhir kiamat tiba, atau sampai kita  meninggal, serta kita juga disuruh mencari uang untuk menghidupi kebutuhan kita hinggak sampai akhir itu tiba, dan jika hari itu tiba, jual beli pun sudah tidak  berlaku, dan persahabata pun akan hilang untuk selamanya.

Oleh karena rajin-rajinlah kita sholat, sebab yang akan di hisab pertama kali oleh Allah SWT adalah sholat, barang siapa yang pahala kebaikany a lebih berat daripada dosanya maka Allah akan menempatkan dia dia di dalam surganyan Allah SWT, janganlah kita akan sholat jika kita sudah tua atau kita sudah mau mati, kan kita tidak tahu kapan ajal itu akan tiba, mungkin kalau allah memberitahukan lakpanan ajal itu akan tiba, sudah jelas kita akan berloba-lomba dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT, ingatlah kita hidup di dunia ini hanya sementara jadi selagi kita mencari ilmu dunia carilah ilmu akhirat juga, karena di akhiratlah hidup kita akan kekal untuk selama-lamanya.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s