KESABARAN (“_”)

Begitu banyak manusia yang ada didunia ini, di dunia ini banyak sekali kejadian yang tidak kita duga,seperti dalam menghadapi cobaan,  dalam hidup pasti mempunyai banyak cobaan,oleh karena itu untuk menghadapi cobaan tersebut kita harus mencoba sabar, sabar itu bermacam-macam bentuknya misalnya sabar dalam menghadapi cobaan, sabar dalam menghadapi masalah  , dll. Sabar dalam menghadapai  cobaan misalnya jika Allah memberikan cobaan berupa bencana kepada  kita maka kita harus sabar, karena kalau kita tidak sabar hidup kita tidak akan tenang, akan selalu mempunyai rasa gelisah dan gundah, dan yang ada kita malah frustasi dan depresi memikirkan bencana tersebut, coba misalkan jika kita sabar serta bertawakal kepada Allah dan menyerahkan kepada Allah, maka kita pun akan ikhlas menerima semua musibah itu . ingatlah jika Allah memberikan cobaan berarti Allah masih mencintai hambanya, dan ingatlah bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan kepada hambanya melebihi batas kemampuan hambanya, orang yang diberi cobaan itu pahalanya akan lebih banyak jika dia bisa sabar dan bertawakal kepada Allah, jika kita diberikan cobaan berarti Allah masih sayang sama kita, jadi kita harus ikhlas dalam menghadapinya. Kadang manusia itu suka mengeluh, bukan Cuma kadang tapi sering. Manusia itu lebih sering mengeluh jika diberikan cobaan, walaupun hanya masalah kecil misalnya hanya masalah tidak punya uang mengeluh, tidak punya apa yang dia inginkan mengeluh, dan masih banyak lagi. Begitupun dengan saya, jujur saya lebih sering mengeluh daripada bersabar, mungkin pikiran saya jika kita mengeluh akan menyelesaikan masalah ternyata tidak, memang masalah itu pasti datang sekecil apapun itu, karena setiap  manusia pasti mempunyai masalah yang berbeda-beda, dan masalah yang akan membuat manusia menjadi bertengkar, dengki, dendam dll. Coba kalau kita selesaikan semua dengan sabar, tenang, dll. Pasti masalah itu akan cepat selesai, jika kita sabar dan tenang solusi itu akan datang . kesabaran itu sangat penting sekali dalam kehidupan manusia, coba jika kita tidak mempunyai kesabaran pasti semua akan berantakan seperti contoh misalnya,  jika dua orang saling bertengkar dan tidak ada yang mengalah, pasti pertengkaran itu tidak akan berhenti sampai ada yang meleraikannya, dan mungkin bisa menimbulkan dendam, coba misalkan jika ketika kita bertengkar dan tidak ikut emosi dalam kejadian tersebut pasti masalah akan terhenti, manusia kadang mempunyai sifat sabar dan sifat emosi, misalkan jika seseorang menghina seseorang, jika tidak sabar pasti akan terjadi perkelahian tetapi jika salah satu ada yang sabar dia dihina dan dia tidak termakan dengan hinaanya atau cemoohnya maka dia akan menghadapinya dengan santai dan tidak menghiraukannya.

Ketika saya SMA , bukan hanya SMA saja hari-hari lainya juga , saya juga merasakan hal yang namanya sabar  bagaimana yang namanya dihina, jika saya tidak sabar mungkin bisa bertengkar, tetapi untung saya sabar . walaupun kadang masih ada rasa dengki ketika dia menghina saya, tetapi ya sudahlah manusia itu kan tidak ada yang sempurna.

Kesabaran itu akan membawa kita kepada ketenangan, seakan tidak ada masalah padahal ada masalah, itulah contoh jika kita bersabar.

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ ﴿١٥٥﴾

“Sungguh, akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan, berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 155)

Kadang misalkan ada seorang anak bertanya kepada ayahnya” yah, kapan sih saya punya tas baru” sang ayah pun menjawab” nanti ya nak kita belum punya uang ,sabar dulu ya jika ada uang baru kita beli” itu tandanya si ayah tersebut sabar walaupun belum mempunyai uang , dan sianak pun harus bersabar untuk menunggu tas baru tersebut, walaupun kita tidak tahu kapan si ayah tersebut punya uang,

Kita tidak harus sabar dalam menghadapi cobaan saja, dalam masalah ekonomi juga kita harus sabar, misalkan jika kita tidak mempunyai uang untuk membeli makan, kita harus sabar,  kita tidak boleh mengeluh , yang kita butuhkan adalah bagaimana caranya agar kita bisa makan, yaitu dengan berusaha mencari pekerjaan. Bukan berarti dengan hanya bisa bersabar makanan itu akan datang kepada kita, itu sama saja artinya dengan malas.

Didalam masalah apapun kita harus selalu sabar, kita tidak boleh putus asa, misalkan jika kita sekolah, kadang kita mempunya mendapatkan nilai yang baik dan mendapatkan nilai buruk, jika kita nilai baik pasti kita akan senang, tetapi jika nilai kita buruk kita akan merasa sedih, menyesal, dll. Dan untuk menghadapi masalah tersebut kita harus sabar, dan yang  paling penting adalah bagaimana caranya agar nilai kita itu bagus, dalam  menghadapi kegagalan membutuhkan kesabaran, karena kegagalan bukan akhir dari segalanya, melainkan awal dari sebuah keberhasilan, oleh karena itu kita harus selalu bersabar dalam mencoba jika kita ingin sukses, jika kita selalu mencoba dan mencoba insya Allah kegagalan itu akan menjadi sebuah keberhasilan.

Allah pasti menguji setiap manusia, Allah tidak membedakan-bedakan hambanya, dimata Alllah semua hamba Allah itu sama , hanya imanya saja yang berbeda, mau yang kaya ataupun yang miskin, yang jelek maupun yang ganteng atau cantik semua itu sama, pasti Allah memberikan cobaan baik berupa musibah, penyakit, dll. Dan oleh karena itu dibutuhkan kesabaran.

Msialkan dalam contoh penyakit, Banyak sekali manusia yang mempunyai sakit yang berbeda-beda, baik penyakit luar maupun penyait dalam, dan pasti manusia pernah meraskan sakit sekecil apapun penyakit itu, dan tidak selamanya orang itu selalu sehat, sakit itu adalah cobaan sekalipun teguran dari Allah, banyak yang berkata jika ada orang yang sakit Allah mengurangi dosa kita, mungkin saya tidak terlalu tahu tentang itu, tapi pertanyaanya adakah orang yang mau sakit, pasti semua oran inginya sehat. Kadang kita merasa sedih jika kita melihat ada sebagian orang yang sakitnya tidak sembuh sembuh, atau ada juga yang sakitnya berasal dari keturunan, tapi itulah cobaan pasti sangat membutukan kesabaran yang sangat kuat agar dia bisa bertahan hidup, sebagai manusia yang bisa dibilang sehat, harusnya dengan melihat keadaan yang mempunyai penyakit kita harusnya bersyukur dan harus peduli kepada kesehatan kita, jangan karena kita sehat tapi kita justru merusak tubuh kita seperti meminum alkohol, menggunakan ganja, dll.  Allah sangat membenci orang yang mendzolimi dirinnya sendiri dengan perbuatan diatas,  apakah dalam meminum sebuah alkohol, menghisap ganja adalah cobaan. Tentu saja, karena ketika kita kita meminum barang haram tersebut berarti kita sudah mengikuti perbuatan syetan, yang jelas-jelas mengaak manusia kepada jalan kesesatan. Itu berarti Alllah sedang menguji kita apakah kita meminum alkhol tersebut atau tidak, jika ia berarti kiat sudah melakukan dosa dan jika tidak berarti kita sudah terhasut oleh perbuatan setan dan pastinya kita mendapat dosa, yang tandannya kita harus ekstra sabar dalam menjauhi perbuatan haram tersebut, ketika kita menjalankan suatu pekerjaan positif maka kita akan mendapatkan hal yang positif juga, dan begipula sebaliknya dan janganlah sekali-kali mencoba melakukan kesalahan yang tidak disukai oleh Allah, karena jika kita sudah terjerumus kepada kesesatan akan sulit sekali menghilangkanya, dan dalam bertaubat pun pasti membutukan waktu tidak secepat yang kita kira.

Setiap manusia itu sifatnya berbeda-beda, ada yang orangnya tidak suka sabar, ada yang orangnya suka emosian, dan ada juga yang suka marah-marah. Biasanya sih kalau saya perhatikan manusia itu cenderung lebih memiliki sifat emosian, yang artinya jika dia dihina, dicaci, atau dikucilkan, biasanya dia akan membalas balik orang yang menghina dia tadi. Jadi sama-sama saling menghina, kadang ada yang mengalah dan ada juga yang sewot karena dia tidak terima karena penghinaan tersebut, makanya kita harus selalu sabar, agar kita bisa melawan rasa amarah yang tadi kita pendam, walaupun kadang-kadang ingin rasanya ingin juga menghina dia, tetapi ketika kita sabar kita akan tenang dan santai. Jadi kita pun tidak saling menghina antara satu sama lain.

Kita bisa melihat jika seseorang sedang terkena musibah seperti bencana alam, atau ada sanak keluarga yang meninggal pasti orang yang lain akan berkata kepada orang yang terkena musibah “ yang sabar yah mudah-mudahan kamu ikhlas menerima semua ini, serahkan saja semua kepada Allah” pasti orang-orang akan berkata demikian, mana mungkin orang lain akan berkata “ syukurin loe emang enak dapet musibah mati aja lu sekalian” biasanya hanya orang yang dendam dan dengki orang yang berkata seperti itu, baik dilisan maupun dihati.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s