Akhlakul Kharimah

Akhlakul karimah adalah akhlak yang mulia , maksud ahklak yang mulia adalah akhlak yang mempunyai sifat terpuji, yaitu yang mempunyai sifat baik, suka menolong orang, dll. Akhlak umumnya disama artikan dengan arti kata budi pekerti, kesusilaan atau sopan santun dalam bahasa Indonesia, atau tidak berbeda pula dengan arti kata ethic (etika)Seperti para nabi-nabi yang mempunyai sifat tersebut. Akhlak yang mulia itu adalah contohnya jujur, dapat dipercaya, dan cerdas. Seperti halnya dengan paran nabi yang mempunya sifat tersebut manusia juga bisa mempunyai sifat tersebut. akhlak yang mulia itu datangnya pada diri kita sendiri. Biasanya ketika kita sudah beranjak remaja, kita akan tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Jika kita sudah mengetahui mana yang baik dan kita melakukan perbuatan tersebut itulah yang disebut akhlakul karimah, dan bila kita mengikuti akhlak yang buruk maka itu disebut akhlakul mazmumah atau akhlak yang tercela. Dari sekian banyak manusia yang ada dibumi , menurut saya manusia itu lebih banyak mempunyai akhlak tercela daripada akhlak yang mulia, kita bisa lihat sekarang banyak manusia sekarang yang tidak jujur alias suka berbohong, kadang ada juga yang mengambil hak milik orang lain, dll. Jika kita mempunyai akhlak yang baik insya allah kita akan terhindar dari perbuatan-perbuatan tersebut, memang untuk menghindari perbuatan tercela itu sangat sulit dihindari, oleh karena itu jika kita melakukanya cepat-cepatlah bersitigfar kepada Allah dan hindarilah sebisa mungkin. Lihatlah para remaja sekarang, banyak remaja sekarang yang akhlaknya hancur oleh karena pergaulan. Mereka mengikuti pergaulan yang tidak benar akhirnya mereka pun ikut-ikutan, kita boleh saja bergaul tapi bergaulah dengan orang yang akhlaknya baik, taat beribadah, dan jauh dari perbuatan tercela. Kita boleh bergaul dengan orang yang tidak baik tetapi kita harus menasehatinya bahwa perbuatan tersebut tidak baik, agar dia bisa menjadi orang yang baik. Mungkin kita bisa melihat di TV, Koran, Internet dll. Begitu banyak perbuatan-perbuatan yang tidak pantas untuk ditiru, misalkan seorang anak membunuh orang tuanya, atau sebaliknya. Apakah itu pantas dilakukan. Mungkin bagi yang berakal sehat itu tidak pantas dilakukan atau mungkin dia lagi sakit jiwa oleh karena itu dia melakukan itu.  

akhlak yang baik akan diangkat Allah manusia ke derajat yang tinggi dan mulia.dan  Akhlak yang buruk akan membinasakan seseorang insan dan juga akan membinasakan ummat manusia. Manusia yang mempunyai akhlak yang buruk senang melakukan sesuatu yang merugikan orang lain. Senang melakukan kekacauan, senang melakukan perbuatan yang tercela, dan yang tidak disukai oleh Allah.  Oleh karena itu akhlak tercela itu sama dengan sifatnya setan yang selalu menggangu manusia dalam melakukan kejahatan.

Lihat saja pergaulan manusia sekarang banyak yang melenceng dari ajaran agama, banyak anak-anak yang tidak menuruti orang tuanya lagi, dia merasa lebih enak sama temanya dibandingkan orang tuanya padahal dia masih meminta uang sama orang tuanya, banyak yang suka mabuk-mabukan, pergi ke clubbing dengan teman-teman. Atau yang lain-lain. Mungkin menurut mereka itu adalah tempat yang paling asyik bagi mereka padahal itu itu adalah tempat kemaksiatan yang tidak menunguntungkan yang hanya menghabiskan uang. Ketika remaja sekarang diajak mengaji, sholat, membaca qur’an. Mereka langsung kabur atau begitu banyak alasan agar mereka tidak disuruh. Apalagi sekarang banyak anak-anak remaja sekarang yang menghabiskan waktunya untuk ke mall untuk bersenang-senang dll. Segala sesuatu yang buruk yang tidak ada manfaatnya itu adalah sifat tercela, sifat yang tidak disukai oleh Allah,

Seperti pada hadist berikut:

Orang Mukmin yang paling sempurna imannya, ialah yang paling baik akhlaknya.”(H.R.Ahmad)

Dari hadist diatas disebutkan bahwa jika seseorang mempunya akhlak yang baik, maka imanya pun akan bertambah baik, dan jika imanya buruk begitupula sebailknya .

Kita sebagai umat manusia harus berbuat baik kepada siapapun, misalnya jika kita menolong seseorang kita tidak boleh memilih, tapi bantulah orang tersebut semampu kita karena membantu adalah termasuk sifat yang mulia. Kita juga tidak boleh melakukan kekerasan kepada orang lain, jika mereka melakukan kekerasan terhadap kita, hendaknya kita diam saja biar saja Allah yang membalasnya, ingat kekerasan tidak boleh dibalas dengan kekerasan, kekerasan itu harus dibalas dengan kebaikan agar tercipta suatu kedamaian.

Dalam kehidupan sehari-hari kiat harus selalu mencontoh sifat nabi Muhammad, karena dia adalah suri tauladan yang baik untuk kita, dia adalah panutan bagi kita seperti dalam surat alqu’an berikut:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. Al Qur’an surat Al Ahzab ayat 21.

manusia yang tidak punya akhlak, mereka sanggup melakukan apa saja untuk kepentingan dirinya. Mereka sanggup berbohong, membuat fitnah, menjual marwah diri dan keluarga, malah dengan tidak segan lagi dia menjual Agama dan  Negaranya.

Dalam melakukan akhlak yang mulia kita tidak boleh riya , yaitu melakukan akhlak mulia karena sebab, misalkan ingin dipandang, dihormati, serta ingin dilihat banyak orang bahwa dia itu orangnya baik. Perbuatan tersebut bukanlah akhlah yang mulia justru perbuatan tersebuta adalah akhlak yang tercela. Karena perbuatan tersebut tidak disukai oleh Allah, itu tandanya dia ingin berbuat baik bukan karena Allah,

Untuk mendapattkan akhla yang mulia, kita harus mulai dari sejak dini, ikutilah kata-kata yang bersifat baik, ikutilah perbuatan-perbuatan yang bersifat baik, jangan sekali-sekali terpengaruh kepada orang yang tidak benar, dan untuk orang tua harusnya waspada terhadap perkembangan anak, bimbinglah anak tersebut agar menjadi anak yang baik, jika dia berbuat salah tegurlah, dan jika dia melakukan perbuatan buruk nasihatilah agar dia anak tersebut tidak mengulanginya, anak menjadi bandel ada yang berasal dari factor dari dalam dan ada juga yang berasal dari luar, misalkan karena orang tuanya sibuk dengan pekerjaan, akhirnya anak tersebut tidak ada yang mengurus maka  bermainlah dia dengan orang yang tidak baik, begitupula dari luar yang disebabkan oleh pergaulan yang bebas,

Dalam hadits yang lain diriwayatkan bahwa Rasulullah saw meminta perindungan dari keburukan akhlak, keburukan watak dan kerendahan adab. Beliau berdoa, “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kemungkaran akhlak, amal-amal perbuatan, hawa-hawa nafsu dan penyakit-penyakit (hati).” (HR At-Tirmidzi dan Ath-Thabrani)

Jika kita melihat keburukan, hendaknya kita berdoa kepada kita agar kita dijauhkan dari perbuatan buruk tersebut, janganlah kita mengikutinya karena itu sama saja kita mengikuti perbuatan syaitan. Jika kita terbiasa dengan akhlak yang baik insya Allah pasti akhlak kita akan menjadi baik, begitupula sebailknya jika kita terbiasa dengan dengan akhlak yang buruk maka kita akan menjadi buruk, sebagai manusia kita sudah diajarkan untuk selalu berbut baik, nabi Muhammad saja sudah mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik, lihat saja ketika nabi Muhammad di ludahi oleh seorang kafir, tetapi dia tidak membalasnya , justru dia mendoakanya agar manusia tersebut bertaubat, dan dengan kemuarahan senyum nabi Muhammad dan atas izin Allah juga manusia itupun bertaubat. Akhlak baik itu akan muncul jika kita melakukan perbuatan tersebut dengan ikhlas karena Allah taala, tetapi jika kita ingin suatu hal yang lebih dari situ akhlak baik itu pun akan menjadi sia-sia. Memang didalam kehidupan ini jika ada akhlak baik pasti akan ada akhlak yang tercela, tetapi akhlak baik lah yang harus kita miliki.

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s