SURGA

Pasti kalian tahu apa itu surga?, pasti yang ada dipikiran kalian surga itu adalah tempat kenikmatan yang tidak ada apa-apanya dibandingkan didunia ini, yah itu sangat benar sekali, surga itu adalah tempat dimana kita bisa menikmati apa yang allah berikan kepada kita atas kebaikan kita selama hidup di dunia. Surga itu adalah tempat untuk orang-orang yang beriman dan bertakwa atas apa yang di perintahkan oleh Allah SWT. Pasti semua manusia ingin merasakan kesana, tapi apakah kita yakin kita bisa berada disana?, yah itu semua tergantung amal kita, jika amal kita lebih berat dari dosa kita pasti kita bisa masuk surga, tapi jika amal kita lebih sedikit daripada dosa kita jangan harap kita bisa berada disana.
Didalam hidup seseorang pasti mereka ingin ke surga, tapi apakah memasuki surga itu semudah yang kita bayangkan? tentu tidak, memasuki surga itu sangat sulit kita dapatkan karena penuh tantangan dan cobaan yang sangat berat. Jika kita ingin masuk surga kita harus benar-benar berada dijalan Allah dengan sebaiknya-baiknya. Ikutilah perintah Allah dan jauhilah laranganya Insya Allah jika kita mengerjakan itu pasti kita akan masuk surga. Tapi lihatlah kebanyakan manusia yang berada dimuka bumi ini, mereka lebih banyak mementingkan ilmu dunia daripada ilmu akhirat. Padahal kita harus seimbang dalam dua hal tersebut. Banyak sekarang manusia yang lebih mementingkan duniawi dibandingkan dengan akhirat, lihat saja banyak orang yang mabuk-mabukan, judi, dll..di jaman yang modern ini banyak sekali yang tidak mau menyembah Allah justru mereka berpaling dari agama Allah. Sebenarnya pada jaman rasulullah juga banyak manusia yang jahiliyah bahkan sampai saat ini pun masih banyak. Kita bisa lihat orang atheis,komunis, dll. Bagi mereka surga itu adalah dunia dan jika mereka mati tentu saja kehidupan sudah berakhir. Karena mereka mengikuti nenek moyang mereka. Jadi atheis, komunis, dll. Tidak ingin mengetahui surga. Yang mereka ketahui adalah mereka hidup dan meninggal begitu saja. Padahal kan setelah mereka mati masih ada kehidupan yang kedua, yaitu dengan pilihan surga atau neraka. Tapi mereka tidak memperdulikan itu.
Kita harus mengetahui bahwa surga dunia itu tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan surga yang sesungguhnya, sesungguhnya  surga dunia itu hanya sementara tetapi surga yang sesungguhnya itu untuk selamanya. Ingatlah umur kita didunia itu tidak lama jadi gunakanlah ilmu sebaik-baiknya untuk mencapai surga yang sesungguhnya.

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ أُكُلُهَا دَائِمٌ وَظِلُّهَا تِلْكَ عُقْبَى الَّذِينَ اتَّقَوْا وَعُقْبَى الْكَافِرِينَ النَّارُ

perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman). mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti, sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka. (Ar-Ra’du 13:35)
kita bisa ihat diatas bahwa betapa bahagianya jika seseorang berada disurga, coa anda bayangkan taman didunia saja begitu indah, apalagi taman yang ada disurga asti tidak akan ada yang bisa menandinginya. Dan diceritakan juga bahwa pohon surga berbeda dengan dididunia, jika didunia buah berada diatas dan akar dibawah sedangkan surga buah berada dibawah dan akar berada diatas serta jika kita mengambilnya buah itu tidak akan pernah habis-habis, coba anda bayangkan betapa bahagianya jika kita berada disurga. dialiri sungai sungai yang bersih yang jika kita minum airnya itu semanis madu pasti tidak ada didunia ini yang seindah tersebut diatas. Oleh karena itu berlomba-lombalah kita dalam kebaikan, janganlah kita berlomba-lomba dalam kemungkaran. Serta janganlah kita sekali-kali menyembah apapun ini kecuali Allah yang kita sembah, karena perbuatan tersebut merupakan perbuatan kafir. Dan orang kafir itu jelas tidak akan merasakan yang namanya nikmat surga, dia akan kekal selamanya berada di neraka yang sangat amat pana. Yang panasnya tidak ada apa-apanya dibandingkan apa yang berada dimuka bumi ini. Apalagi setengah dari manusia didunia ini tidak menyembah Allah melainkan menyembah berhala, patung, dll. Sudah jelas itu termasuk kafir dan tempatnya tidak lain adalah neraka. Selain mereka banyak juga orang muslim yang musyrik kepada Allah dan mereka kelak akan masuk kedalam neraka jika mereka tidak bertobat sampai akhir menjemput hayat.
Surga itu sangatlah luas, bahkan melebihi langit dan bumi oleh karena itu surga itu mempunyai lapisan demi lapisan. Jadi Allah sudah membagi surge itu menjadi tujuh lapisan, dan tujuh lapisan surge tersebut sudah ada kelompoknya masing-masing termasuk amal dan perbuatanya.
Disebutkan di dalam as-Shohihain (riwayat al-Bukhori dan Muslim) dari hadits Anas rodhiyAllohu ‘anhu dalam kisah Isro’ Mi’roj bahwa Nabi shollAllohu ‘alaihi wasallam melihat Sidrotil Muntaha dan melihat di sisinya ada Jannatul Ma’wa. Beliau bersabda,

“Kemudian Jibril membawaku pergi hingga berhenti di Sidrotil Muntaha, maka Sidrotil Muntaha itu diliputi warna-warni yang aku sendiri tidak mengetahui apa itu. Lalu beliau bersabda, “Kemudian aku masuk ke dalam surga dan ternyata di dalamnya bertahtakan mutiara dan debunya terbuat dari misik.” (HR al-Bukhori dan Muslim)

kita mungkin suka terbayang-bayang dengan keindahan surga, tapi apakah kita kita tidak ingin kesana, kebanyakan manusia jika disuruh memilih pasti mereka akan memilih surga, dan tidak ada jika manusia jika ditanya mau memilih surga atau neraka pasti,terus dia memilih neraka. Itu harus dipertanyakan atau dia memang sudah gila. Yang jelas semua kekayan kita didunia ini hanya sementara dan kekayaan yang abadi yaitu hanya disurga, semua yang kita mau pasti Allah mengabulkan, karena itulah janji Allah kepada umatnya jika umatnya benar-benar taat dalam menjalankan perintahnya. Tapi bagaimana manusia sekarang mau masuk surge sedangkan sholat saja tidak pernah dilaksanakan, dan ajaran yang lain tidak dilaksanakan . yang ada hanya aganma di KTP, agama islam tapi menjalankan perintah saja tidak pernah. Jangan harap orang seperti itu akan masuk surga.

وَسِيقَ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ

Alloh subhanahu wata’ala berfirman, artinya,
“Dan orang-orang yang bertaqwa kepada Robbnya dibawa ke surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya, “Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya” (QS. Az-Zumar: 73)

Ingatlah kita, kita hidup didunia ini hanya sementara untuk itu berbondong-bondonglah kita semua menjalankan perintah Allah dengan sebaik-baiknya, jika kita tulus dan ikhlas dalam menjalankan perintah Allah insya Allah, kita bisa memasuki surganya Allah yang begitu indah, serta disana kita akan kekal hidup selamanya. Ingatlah surga didunia itu tidak ada apa-apanya dibandingkan surga kepunyaan Allah SWT, bayangkan saja jika kita bepergian ke suatu tempat dan tempat itu nyaman buat kita, serta tempat itu begitu indah , pasti kita merasa bahwa itu adalah surga dunia ini. Bagaimana kalau kita berada surga kelak, mungkin kalau hidup kita didunia hanya untuk bersenang-senang, dan merasa surga itu adalah dunia, jangan harap kalian bisa berada di surga. Tapi nerakalah yang akan menjadi tempat kita kelak, jika hidupnya hanya foya-foya dll. Kita boleh mnencari surga dunia tapi jangan sampai kita melupakan surga yang sesungguhnya, surga yang sesungguhnya adalah yang begitu kekal untuk kita selamanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s