Qona’ah

Taukah kalian apa arti qanaah itu ? qanaah adalah sikap yang merasa dirinya cukup, puas atau ridho atas keberkahan dan karunia yang Allah beri. Jadi kalo Allah sudah memberi  apa yang dia berikan kita harus rela , apapun yang Allah berikan kita harus menerima apa adanya dan kit a harus selalu bersyukur, kadang kala kita manusa tidak pernah bersyukur sudah diberikan Allah dengan nikmat yang banyak tapi kita masih mengeluh, Allah itu tidak suka dengan orang yang berlebih-lebihan misalkan makan berlebih-lebihan dan  sampai  perut menjadi  kembung atau kita menjadi muntah , atau misalkan kita kaya terus kita memakai segala aksesories yang bermerek dan memamerkanya kepapada teman atau saudara itu juga tidak disukai oleh Allah,  rata-rata di diindonesia sering tidak puas dengan apa yang dia punya, fisik yang dia punya kekayaan yang dia punya dll. Mereka hanya ingin lebih dan lebih,  misalkan Allah sudah menciptakan fisik seseorang dengan sempurna tetapi ada saja yang mengubah ciptaan Allah itu misalkan hidung dia pesek padahal tidak ada yang salah dengan hidung yang pesek karena dia mempunyai uang yang banyak dia pun mengoprerasi hidungnya agar lebih mancung. Saya kira apa yang dia lakukan itu tidaklah benar karena hidungnya masih berfungsi dengan baik kecuali jika hidungnya mempunyai penyakit misalkan ada tumor dihidungnya barulah itu boleh dioperasi, jika dia hanya mengoperasi hidungnya hanya untuk bergaya-gaya justru dia tidak menyukuri apa yang Allah berikan kepada dia.  Orang yang merasa dirinya bersifat qanaah hatinya akan tentram berbeda dengan orang yang tidak bersifat qanaah apapun akan dilakukanya untuk mendapatkan tujuanya agar dia berhasil,  misalkan jika dia ingin kaya dan mempunyai barang yang mewah dia bisa saja mencuri, menipu atau korupsi. Sampai dia belum cukup dan puas dengan  apa yang dia dapatkan. Dia pun akan melakukan segala hal agar keinginya tercapai dan pada ujungnya dia akan mendapatkan dosa dan dosa setiap apa yang dia perbuat. Ketahuilah bahwa apa apa yang kita perbuat terutama harta itu hanya sementara jadi lebih baik kita beramal saleh kepada orang agar harta kita itu bermanfaat kelak nanti diakhirat. Sebagai orang miskin pun kita harus bersifat qonaah dengan apa yang kita punya bukan hanya saja yang bersifat qonaah, bukan hanya karena dia mempunyai barang yang berlimpah dan dengan perhiasan yang mewah orang kaya saja yang bersifat qonaah, orang miskin juga harus bersifat qonaah karena dia harus rela Apa yang sudah Allah berika kepada dia janganlah iri atau sampai benci kepada orang kaya apalagi jika dia selalu mengeluh dalam hati “ ya Allah kenapa saya selalu miskin dan dia menjadi orang kaya” harusnya kita jangan  mengeluh tapi kita harusnya berusaha agar kita menjadi orang kaya , apapun caranya yang penting itu bersifat positif.

Tentang sikap qana’ah, Ibnu Qudamah dalam Minhajul Qashidinmenyampaikan hadits dalam Shahih Muslimdan yang lainnya, dari Amr bin Al-Ash r.a Rasulullah SAW bersabda:  Beruntunglah orang yang memasrahkan diri, dilimpahi rezeki yang sekedar mencukupi dan diberi kepuasan oleh Allah terhadap apa yang diberikan kepadanya.” (Diriwayatkan Muslim, At-Tirmidzi, Ahmad dan Al-Baghawy)

Jadi Apapun yang Allah berikan kepad akia, kita harus selalu memasrhakan diri kepada kita, dan janganlah kita merasa sombong dengan apa yang kita punya misalkan kita mempunyai uang yang banyak, harta yang berlimpah , dll karena ingatlah harta itu tidak  akan pernah dibawa mati yang hanya bisa dibawa mati yaitu hanya amal dan perbuatan. Jadi janganlah kita menghamburkan-hamburkan hanya demi kesenangan semata misalkan pergi kediskotik, mabuk-mabukan atau memakai ganja. Sungguh kesenangan yang tidak disukai oleh Allah alangkah baiknya jika kita mempunya uang lebih lebih baik kita pakai untuk bersedekah misalkan menyisihkan uang kita kepada orang yang membutuhkan, atau menabung diahri tua,  itu lebih bermanfaat darpada melakukan pekerjaan yang tidak berguna sepert yang saya sebutkan tadi diatas.

Dari Hakim bin Hizam r.a. berkata:
Bahwa Nabi SAW. bersabda: Tangan di atas adalah lebih baik dari tangan di bawah. Hendaklah kamu muliakan dengan orang-orang yang di bawah tanggunganmu. Sebaik-baik sedekah ialah dari harta yang lebih (yang kamu atau orang di bawah tanggunganmu tidak memerlukannya). Barangsiapa yang menjaga kehormatan dengan tidak meminta-minta maka Allah akan memelihara kehormatannya. Barangsiapa yang tidak bergantung harap kepada manusia, maka Allah akan mencukupkan keperluannya. (Bukhari dan Muslim)

Jadi maksud diatas adalah lebih baik kita memberi kepada orang yang membutuhkan daripada orang yang meminta-minta, karena dengan memberi kepada orang yang membutuhkan Allah akan memelihara kehormatan kita, dan orang yang berusaha mendapatkan rezeki dengan bekerja itu lebih baik daripada kita harus meminta-minta.

Sesungguhnya rejeki itu sudah diatur oleh Allah jadi kita tidak usah mengeluh dengan apa yang orang lain punya, lebih baik kita bersyukur denga apa yang punya sebab jika kita bersyukur   insya Allah akan menambahkan rizki yang kita punya. Begitu pula jika kita memberikan sebagian harta kita kepada orang miskin atau orang yang membutuhkan,  janganlah dengan memberikan harta kita kepada orang miskin kita akan menjadi melarat atau miskin, justru Allah akan menambahkan nikmat kita tersebut.

Harusnya sebagai seorang muslim kita wajib mempunyai sifat qona’ah sebab jika kita mempunyai sifat qona’ah kita tidak akan menjadi serakah dan uang kita pun kita pakai hanya untuk kebutuhan kita saja, jangan kita pakai hanya untuk bersenang-senang sebab Allah tidak suka manusia seperti  itu,

 

Kalau saya perhatikan manusia itu hampir jarang sekali yang bersifat qonaah,kadang-kadang udah mempunyai yang banyak masih aja ingin bertmabha lagi dan lagi, akibatnya demi memuaskna hasrat yang dia inginkan misalnyam ingin belanja sepuasnya atau ingin bersenang-senang, akhirnya dia malah mencuri, dll. Atau jika dia berada di kantor dia akan korupsi.  Karena dia merasa uang yang atasan berikan kepadanya merasa kurang dengan apa yang dia inginkan, padahal kan buka demikian, harusnya jika dia sudah mendapat gaji yang dia dapat sebaiknya dia bersyukur, dan dia bersifat qonaah , mau menerima semua apapun yang diberikan kepadanya, janganlah kita selalu mengeluh kepada Allah dengan meminta harta yang lebih, tapi alangkah baiknya kita terima itu semua dengan senang hati dan gembira. Mungkin kadang-kadang manusia belum puas dengan gajinya karena kekurangan, harusnya dia bersabar dalam semua itu dan dia harusnya berusaha agar  uangnya tu dia gunakan dengan sebaik-baiknya.

Dengan sifat Qona’ah ini, orang akan selalu merasa bersyukur, sehingga mudah baginya untuk berbagi kepada orang lain dan dapat menghilangkan sifat serakah dalam hati.

Balasan yang Allah berikan kepada kita jika bersikap qonaah adalah kita akan merasakan kehidupan di dunia ini dengan baik.

Sebagaimana firman Allah ta’ala yang artinya:

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya  kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan” [An-Nahl: 97].

Oleh karena itu qonaah adalah pekerjaan yang baik, pasti kita bisa mendapakan kehidupan yang lebih baik. Janganlah takut dengan kemiskinan justru kamu harus menghadapinya, bagaiman caranya agar kamu bisa sukses, janganlah kalian berfikir bahwa qonaah itu hanya untuk orang kaya saja tapi justru semua orang harus mempunyai sifat qonaah agar kehidupan ekonominya lebih baik dan apabila kita tidak menghambur-hamburkan harta kita ,lebih baik kita menabungnya untuk  masa depan yang lebih baik.  Jadi kiat seharusnya   bersifat qonaah janganlah kita bersifat serakah, yang hanya mau memikirkan diri sendiri tanpa memikirkan orang lain, kita sesame muslim harus saling berbagi karena dengan berbgai hidup akan lebih indah, tenteram, dan damai.

Sekian dari saya mudah-mudahan artikel ini dapat berguna bagi saya dan pembacanya, wassalam…

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s