IDUL FITRI

Bulan puasa baru saja kita lewati, dan idul fitri pun sudah  kita laksanakan. Tidak terasa bulan puasa begitu cepat dan idul fitri pun begitu  cepat. Tapi apakah kalian tahu, apakah makna idul fitri yang sesungguhnya. Idul fitri adalah kembali kepada kesucian.  seperti bayi yang baru lahir, kita itu diibaratkan seperti kertas yang  masih bersih, yang belum di kotori oleh pulpen, pensil, atau penghapus. .Dalam surat Al-A’raf ayat 172 Allah Ta’ala berfirman:

وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِن بَنِي آدَمَ مِن ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَى أَنفُسِهِمْ أَلَسْتَ بِرَبِّكُمْ قَالُواْ بَلَى شَهِدْنَا أَن تَقُولُواْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَذَا غَافِلِينَ

“Dan (ingatlah) ketika Tuhan-mu Mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah Mengambil kesaksian terhadap roh mereka (seraya Berfirman), “Bukankah Aku ini Tuhan-mu?” Mereka menjawab, “Betul (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi.” (Kami Lakukan yang demikian itu) agar di hari Kiamat kamu tidak mengatakan, “Sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini,”.

Pada ayat diatas menjelaskan bahwa pada dasarnya semua manusia itu lahir dalam keadaan islam tapi, dari orang tuanya lah yang menyembabkan mereka menjadi non muslim dikarenakan oleh faktor lingkungan dan adat-istiadat yang sudah ada sejak jaman nabi-nabi terdahulu

Biasanya sebelum takbiran orang tua akan sibuk dengan membuat kue, membeli baju baru, dll dan anak-anak serta orang dewasa  mengumandangkan takbir. Mereka bergembira karena hari kemenangan itu telah datang. Yaitu karena kita sudah berpuasa selama sebulan penuh. Setelah gema takbir berkumandang, pada pagi harinya kita bersiap-siap untuk mandi, setelah itu disunahkan untuk makan dahulu sebelum sholat , berbeda dengan idul adha kalau idul adha kita disunahkan untuk makan setelah sholat. Seperti dalam hadits berikut :

hadits dari Buroidah, bahwa beliau berkata: “Rosululloh dahulu tidak keluar (berangkat) pada saat Iedul Fitri sampai beliau makan dan pada Iedul Adha tidak makan sampai beliau kembali, lalu beliau makan dari sembelihan kurbannya.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, sanadnya hasan).

Setelah makan biasanya kita langsung ke mesjid, tapi adapula yang sungkeman dahulu kepada keluarga mereka. Yaitu satu keluarga saling maaf-memaafkan yang mempunyai kesalahan diantara mereka. Setelah itu barulah kita memulai sholat id yang diakhiri dengan ceramah seorang ustadz. Setelah selesai sholat bisanya kita saling maaf memaafkan kepada tetangga kita, orang lain, bahkan non muslim sekali pun. Karena sekalipun mereka non muslim siapa tahu kita pernah berbuat salah  kepada mereka, yang sengaja maupun yang disengaja. Apalagi saya yang hidup di keluarga batak, banyak saudara yang beragama kristen jadi kita harus saling toleransi agar tidak terjadi pertikaian. Menurut saya manfaat dari idul fitri adalah salah satunya menjaga silaturahmi, yang dahulunya bermusuhan dengan adanya idul fitri jadi berbaikan. Setelah itu menghilangkan dendam, yang dahulunya dia dendam tapi  setelah idul fitri dendamnya insya Allah akan hilang.  Sebenarnya di dalam idul fitri bukan berarti semuanya seperti harus baru, seperti baju baru atau semuanya yang serba baru. Tetapi memang itu disunahkan oleh Allah agar kita terlihat bagus. Karena yang paling penting tuh sebenarnya bukan baju barunya tapi saling memaafkan dan silaturahminya itulah yang penting.

Setiap negara dari belahan di dunia pasti merayakan idul fitri, dan pastinya cara merayakanya pun berbeda-beda. Seperti di indonesia, biasanya orang indonesia itu sebelum menjelang lebaran  mereka itu pulang kampung, mereka pulang kampung karena mereka ingin bertemu keluarga, saling bersilaturahmi, saling kumpul-kumpul, dan saling minta maaf-memaafkan. Dikarenakan mereka tidak bisa setiap hari berkumpul. Dan juga mereka sudah mempunyai kesibukan masing-masing satu sama lain dan waktu bertemu keluarga pun sangat sedikit.  Itu bagi yang masih mempunyai keluarga. Terus bagaimana jika dia tidak mempunyai keluarga lagi, atau mungkin orang tua sudah meninggal, saudara tidak ada , dan hanya sebatang kara tinggal di dunia ini. Mungkin menurut saya, sebaiknya dia berdoa kepada Allah, agar orang tuanya bisa bahagia disana dan dihapuskan dosa-dosa orang tuanya yang telah dia perbuat selama mereka hidup di dunia ini. Atau dia bisa pergi kemakam orang tuanya. Apalagi disaat-saat sebelum idul fitri banyak sekali orang  yang berziarah ke makam sanak keluarganya. Biasanya mereka membersihkan makamnya lalu mereka mendoakanya.

Setelah idul fitri, biasanya kita masih kembali kepada kebiasaan masing-masing, tapi alangkah baiknya jika setelah idul fitri kebiasaan yang buruk itu di buang, misalkan kebiasaan merokok, miras, atu yang lain-lain.  Karena makna idul fitri itu sendiri adalah agar kita bisa memperbaiki hidup kita sebelumnya, jangan kalian beranggapan bahwa “ idul fitri udah selesai, berarti dosa saya juga udah ilang, soalnya kan kalau kita idul fitri, kita sudah tidak punya dosa,  seperti bayi yang baru lahir”. Memang benar , tapi soal dosa hanya Allah yang tau dan kalo pun memang dosa sudah di hapuskan apakah kita bisa merayakan idul fitri di hari yang akan datang, soalnya kematiaan seseorang itu kan tidak ada yang tahu, dan belum tentu dia masih bisa merayakan hari raya idul fitri dimasa yang akan datang. Saya yakin dosa itu memang pasti ada tapi setidaknya kita dengan cepat-cepat mengingat Allah dengan membaca astagfirullah. Apalagi dosa besar jangan sampa kita terulang lagi, dihari setelah kita lebaran ini.

Jika dilihat dari segi waktu, kadang-kadang kita ingin merasakan puasa lagi,  karena jika tidak ada puasa pasti tidak ada lebaran, dan lebaran itu cepat sekali, oleh karena itu manfaatkanlah waktu kita  dengan sebaik-baiknya agar kita bisa bertemu lagi di hari raya idul fitri yang akan datang selanjutnya.

Sedikit berbagi cerita dengan kehidupan saya, dulu kalau dikampungku, merayakan hari raya idul fitri bukan seperti dalam jakarta ini, biasanya dulu dikampungku, kita itu merayakan hari raya idul fitri di mesjid, kenapa kita merayakan hari raya idul fitri dimasjid, karena selain jumlah muslim yang sedikit, kita pun tidak masak, paling kita masak Cuma buat makan saja. Dan kita pun hanya  makan-makan hanya dimesjid saja, soalnya banyak yang nyediain makanan di masjid tempat kami. Pengalaman yang saya rasa sangat berbeda sekali dengan kota yang saya tempati  ini. Disini semua umat islam sudah menyediakannya sebelum hari raya idul fitri, dan disetiap rumah-rumah juga udah pasti ada kue, opor, dll. Kecuali yang masih dikalangan yang masih ekonominya rendah. sebenarnya itu bukanlah hal yang terpenting untuk hari raya, mungkin itu adalah rasa suka cita mereka, karena  sudah melakukan puasa selama satu bulan penuh, dan mereka gembira karena mereka sudah dapat melawan semua hawa nafsu itu. Jadi yang terpenting dalam hari raya idul fitri adalah Rasa kebersamaan dan saling maaf-memaafkan pada hari raya idul fitri. Itu adalah hal yang paling terpenting dalam hari raya fitri. Dan salah satu yang buat aku senang adalah dapat THR ( tunjangan Hari raya ), saya tidak munafik jika saya dulu suka mendapat uang THR. Dan saya pun yakin  dan orang lain juga pasti ingin mendapatkan itu apalagi anak-anak yang masih kecil. Tapi itu dulu sekarang, saya justru yang meberikan THR kepada Saudara-saudara saya.

Hidup itu adalah pilihan, setelah kita lebaran harusnya kita bisa memilih jalan mana yang akan kita tuju, jalan kebaikan kah atau jalan maksiat, hanya saja dalam kehidupan ini pasti banyak sekali tantangan dan rintangan yang harus kita hadapi, itulah Allah mengapa menguji kita apakah lebaran ini lebih baik daripada lebaran yang kemarin atau sebelumnya, jika lebaran ini iman kita lebih baik daripada lebaran yang sebelumnya maka pertahankanlah dan tingkatkanlah iman itu, jika lebaran kali lebih buruk daripada lebaran sebelumnya maka perbaikilah .  dan jangalah kita terjerumus kepada maksiat lagi sebab untuk melakukan suatu kebaikan itu susah , dan untuk melakukan kejahatan itu sangat gampang sekali. Tapi jika kita niat dalam hati bahwa lebaran kali ini harus lebih baik dari lebaran sebelumnya , insya Allah akan meluruskan jalan kita tersebut untuk dapat mengahrap ridho dari Allah SWT.

Sekian dari saya , mudah-mudahan artikel  ini dapat bermanfaat bagi pembacanya. Dan maaf jika ada salah-salah kata dari saya , karena saya juga masih dalam tahap belajar, manusia itu pasti ada kata yang salah dan hanya Allah lah yang Maha sempurnya,.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s