BULAN RAMADHAN

 

Bulan Ramadhan menurut Saya adalah Bulan yang Penuh berkah dan Paling banyak dinanti-nanti oleh umat muslim,  karena bulan ramadhan hanya datang sebulan  dalam satu tahun.  jadi wajar saja jika banyak orang yang menanti-nantikanya.  Seperti dalam hadist berkata “ barang siapa yang dengan senang  hati menyambut Bulan ramadhan maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka”  tapi  pertanyaanya  apakah  hanya jika kita hanya bersenang-senang dengan menyambut bulan ramadhan kita akan masuk surga  namun  kita tidak melaksanakan perintah Allah swt.  Yaitu seperti  Puasa, sholat dll. Sebenarnya saya tidak tahu menahu soal itu tapi yang jelas  Allah yang akan  menentukan apakah kita akan masuk surga atau neraka, karena hanya amal dan perbuatan kitalah yang akan membawa kita ke dalam surga.  Banyak yang berkata bahwa ramadhan hanya menahan lapar dan haus, padahal menurut saya ramadhan bukan hanya menahan lapar dan haus tapi ramadhan juga  melawan hawa nafsu misalnya seperti kita suka marah,dendam ,dll.  Tapi dengan ramadhan ita bisa menjadi lebih sabar dan kuat menghadapi cobaan yang Allah berikan.seperti dalam cerita saya di bulan ramadhan kadang saya masih suka marah dan tidak bisa menahan  emosi.  Kadang saya juga merasakan beratnya menahan  haus dan lapar apalagi setelah berolahraga rasanya ingin minum karena sangat haus dan akhirnya kita hanya bisa sabar dan menunggu sampai waktunya tiba.dan apalagi kalau temen kita yang non muslim atau wanita sedang datang bulan, mereka makan didepan kita dan kita pun ingin makan seperti dia, jadi itulah gunanya kesabaran pada bulan ramadhan.  Kadang memang dibulan ramadhan membuat orang malas bekerja karena mereka merasa tidak punya energy untuk melakukan aktivitas , akhirnya mereka pun tertidur.  Tidur dibulan ramadhan itu sebenarnya mendapatkan pahala tapi apakah denga tidur dari terbit matahari sampai terbenam matahari itu mendapat pahala,  harusnya pada bulan ramadhan jangan hanya tidur saja walaupun stamina kurang, harusnya kita lebih banyak membaca al-qur’an , berbuat kebaikan kepada sesama,  dan lebih banyak beramal kepada fakir miskin atau orang yang membutuhkan. Kenapa kita harus banyak-banyak melakukan amal kebaikan pada bulan ramadhan karena melakukan suatu kebaikan pada bulan ramadhan maka pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah swt.  Yang tadinya pahala pada bulan misalkan hanya dua maka pada bulan ramadhan allah akan menambahkanya menjadi 4.  

Seperti dalam surat al-baqarah ayat 183 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Dalam surat diatas bahwa orang-orang beriman wajib berpuasa,  kenapa Allah tidak menuliskan wahai orang-orang muslim pada surat diatas. Karena orang muslim itu banyak tapi hanya sedikit yang patuh dan taat pada aturan Allah swt . jadi, orang yang ebriman diatas adalah orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah yang masih mau menuruti apa perintah Allah dalam ayat tersebut.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah: 185

Dalam Bulan Ramdhan mencari amal yang sebanyak-banyaknya adalah keuntungan buat kita, salah satunya dengan membaca al-qur’an  setiap harinya. Kenapa kita disunahkan  membaca al-qur,an setiap hari pada bulan ramadhan, karena bukan hanya al-qur’an diturunkan pada bulan ramdhan tetapi  kita akan lebih memahami tentang a-qur’an dan pastinya Allah pun akan melipat gandakan pahalanya untuk kita pada hari-hari sebelumnya. Pada malam pertengahan ramadhan ada yang disebut malam lailatul qadar yaitu malam seribu bulan dimana malam itu lebih baik dari seribu bulan. Keutamaan malam lailatul qadar salah satunya adalah:

نَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ (3) فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ (4)

“Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Qur’an) pada suatu malam yang diberkahi. dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Ad Dukhan [44] : 3-4).

Jadi malam lailatul qadar tersebut adalah malam yang penuh dengan hikmah yaitu malam yang penuh dengan kemuliaan untuk itu disunahkan kepada kita untuk membaca ala-qur’an.

Sebagai umat muslim saya sendiri pun merasa bahagia datangnya bulan ramadhan kenapa? Selain datangnya hanya sebulan sekali tetapi bulan ramadhan pun banyak  kejadian yang hanya saya rasakan yang datang hanya pada bulan ramadhan misalkan sahur,  sahur hanya dilakukan pada bulan ramadhan saja. Begitupun dengan berbuka puasa dan sholat tarawih.  Sholat tarawih itu adalah solat yang  hanya dilakukan pada bulan ramadhan saja, sebenarnya sholat tarawih itu adalah sunah muakkad, yaitu sunah yang dianjurkan akan tetapi sebagai umat muslim kita wajib melaksanakanya. Kenapa kita harus melaksanakannya,  karena selain sholat tarawih hanya datang sekali sholat tarawih adalah gudang pahala. Gudang pahala yaitu banyak sekali pahala yang kita dapat pada shalat tarawih tersebut.

Kita sebagai umat memang wajib menjalani puasa tapi ada juga yang tidak wajib  menjalani puasa yaitu laki laki dan perempuan yang belum balik artinya kalau si laki-laki belum pernah mimpi basah sedangkan perempuan belum pernah haid, selain itu adalah nenek2 dan kakek yang sudah tidak mampu lagi mnejalani puasa, serta orang gila dan musafir. Adapun pengganti dari puasa yang tidak mampu diatas yaitu :

فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan (puasa), maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (QS. Al Baqarah: 184)

Sudah jelasa tertulis pada ayat tersebut kalau kita sakit kita bisa berbuka, tapi kita harus menggantinya sebanyak berapa kali kita meninggalkan puasa tersebut. dan menggantinya itu biasanya pada hari-hari setelah lebaran. Dan tidak boleh pada saat lebaran. Kenapa pada saat lebaran itu diharamkan oleh Alllah SWT.

Diantara pahala yang dapat kita ambil pada bulan ramadhan salah satunya yaitu  I’tikaf. Tahukah kamu apakah I’tikaf itu?,  I’tikaf adalah berdiam diri didalam masjid yang dilakukan secara sukarela semata-mata untuk mendekatkan diri dan mengharapkan ridha Allah SWT seperti; iktikaf 10 hari terakhir pada bulan Ramadan.

Sebelum 10 hari lebaran biasanya kita diwajibkan untuk Zakat fitrah . Tahukah kamu apa itu zakat? Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan pada bulan ramadhan sebelum datangnya idul fitri, hukum dari zakat yaitu wajib dan satu orang yang harus dibayar zakat yaitu sebesar 2,5 kg beras. Dan pada nantinya zakat tersebut akan dibagikan kepada fakir miskin, amil dll . jika  kita mengeluarkan zakat sesudah idul fitri maka itu disebut sedekah atau infak , karena sudah melewati batas yang ditentukan.

 

Dan tidak terasa Sebentar lagi pun kita akan merayakan bulan ramadhan, kurag lebih hampir seminggu lagi kita akan merasakan nikmatnya ramadhan, kadang waktu memang sangat cepat berjalan dengan waktu  yang terus maju, padahal baru tahun lalu saya merasakan indahnya ramadhan dan sekarang dipertemukan kembali. Alhamdulillah kita masih di berikan kesempatan Oleh Allah untuk merasakan datangnya ramadhan, karena belum tentu kita bisa merasakan datangnya ramadhan, oleh karena itu kita harus menggunakan  waku itu dengan sebaik-baiknya,dan yang paling penting adalah dengan datangnya bulan ramadhan ini hidup kita bisa menjadi lebih berkah dan lebih baik dari yang sebelum sebelumnya.

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s