Membaca

Setiap manusia pasti pernah membaca,  dari waktu kecil sampai sekarang  pasti manusia bisa membaca kecuali jika dia tidak mau belajar,  manusia adalah ciptaan allah yang paling mulia,  itulah perbedaan antara manusia dan makhluk tuhan lainya,  membaca adalah kewajiban bagi semua umat  manusia,  untuk mengetahui  ilmu-ilmu  apa yang bermanfaat dan supaya menambah wawasan juga.  Membaca dapat membuat kita menjadi pintar dan bukan hanya pintar tapi kita  bisa menjadi  orang yang besar dan bisa juga kita  menjadi seorang yang sukses.

Membaca itu sangatlah penting jika kita tidak pernah membaca maka kita akan ketinggalan jaman dan jauh dari peradaban,  lihat saja perbedaan antara orang papua perkotaan  dan pedalaman . mungkin papua kota  sudah bisa mengatur perubahan hidup mereka karena mereka dapat membaca sedangkan papua pedalaman,  karena mereka tidak pernah membaca hidup mereka hanya  begitu saja,  tidak ada perubahan sejak nenek moyang mereka . berbeda dengan  perkotaan hampir dari mereka sudah bisa membaca dan mengamalkanya  kemudian dari mereka membaca lalu mereka mempraktekkan apa yang ada di buku itu dalam kehidupan sehari- hari  tidak seperti suku pedalaman.

Di dalam alqur’an saja allah sudah menurunkan surat al-alaq ayat 1 yang berbunyi:

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ

Artinya:  bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan

Kenapa allah menurunkan surat pertama kali turun surat al-alaq yaitu agar manusia senantiasa bisa membaca . dari membaca itu manusia akan berfikir,  bagaimana allah menciptakan dunia  dan bagaimana manusia supaya  bisa menjadi khalifah di dibumi  sebab untuk menjadi khalifah itu harus bisa menjadi panutan bagi angota-anggotanya atau kaum-kaumnya.   jadi diwajibkan khalifah itu pintar dan bijaksana serta adil dalam mengambil keputusan

Didalam hidup ini kita harus sering-sering  membaca itu salah satu hal terpenting dalam hidup kita, dari lahir sampai dewasa pun kita masih harus membaca sebab ilmu itu tidak akan pernah habis dan tidak akan berakhir walaupun kita sudah mati sekali pun . apalagi dengan membaca  kita akan  mendapat ilmu,  dan ilmu itu akan menjadi pahala bagi kita. Apabila   jika kita menyalurkanya ke orang lain dengan maksud hal yang positif dan  ilmu yang kita salurkan  akan terus menjadi pahala yang  mengalir dan mengalir sampai kita mati.  tapi berbeda dengan membaca tapi ilmu yang dia pakai disalurkan kepada orang lain dengan maksud berbuat hal jahat , inysa allah ilmu yang dia gunakan pun akan menjadi dosa bagi dia dan dosanya pun  akan terus mengalir dan mengalir  walaupun dia sudah meninggal.

Kata orang membaca adalah Gerbang kesuksesan itu sangat benar. Rajin membaca akan semakin banyak ilmu yang kita dapat dan semakin cepat sukses itu itu akan kita terima jika disertai dengan niat dan usaha yang keras.  Kadang membaca itu sangat melelahkan,  jika kita membaca sedikit saja kita sudah malas apalagi kalau kita membaca  yang bukunya panjang.  terlebih-lebih manusia sekarang lebih banyak membaca tentang Koran-koran,majalah,tabloid dan yang lain sedangkan ketika  membaca al-qur’an manusia jaman sekarang hanya sedikit yang membacanya.  lihat saja masih banyak orang-orang dewasa yang belum bisa membaca al-qur’an,  bagaimana jika sewaktu-waktu jika orangtuanya tidak bisa membaca al-qur’an , mungkin mereka akan malu dan akan cuek terhadap anaknya. Atau suatu saat jika orang tuanya menyuruh anaknya membaca al-qur’an mungkin anaknya itu akan berkata ‘ bapak sama mamah saja tidak bisa membaca al-qur’an “ mengapa  saya harus belajar membaca al-qur’an  . itulah yang ada di pikiran anak remaja sekarang enak dengan duniawinya saja sedangkan untuk dunia akhirat misalkan membaca al-qur’an dan mengamalkanya   jarang sekali ada yang melakukanya

Dengan membaca,  ilmu pengetahuan yang kita dapat akan bertambah dan terus bertambah, dan satu hal ilmu tidak akan di bawa sampai mati.

Dalam hidup ini butuh pasti ada proses, begitu pula membaca. Pada dasarnya membaca itu bukan suatu keinginan tapi suatu keharusan yang harus di lakukan.  Dengan membaca buku, majalah, Koran dll begitu banyak informasi yang kita dapat selain menambah wawawan kita juga bisa menjadi kreatif dan inovatif. Orang-orang pada jaman dahulu juga sukses karena sering membaca . dengan membaca otak kita akan terbisa berfikir dan terus berfikir dan berfikir, sampai pada dasarnya kita akan menjadi cerdas dan berpendidikan tinggi, hidup di dunia ini tanpa bisa membaca dunia terasa hampa dan sulit sekali mendapat informasi. Apalagi sekarang  sudah ada internet yang begitu banyak informasi , jika kita tidak dapat membaca sangat di sayangkan dan kita akan menjadi orang yang ketinggalan informasi atau di sebutnya gaptek ( gagap teknologi ).

Dari kita lahir sampai kita mati, yang namanya membaca tetap saja ada, ilmu membaca itu tidak akan pernah lekang oleh waktu , ketika seseorang menulis sejarah seseorang padahal dia sudah tidak ada kita bisa membaca biografinya , cerita hidupnya , dan  jaman dimana dia ketika dia hidup waktu dulu  dll.

Kadang kala ada orang yang  membaca itu adalah suatu hoby atau yang namanya di sebut kutu buku. Dia suka sekali membaca, hidupnya sebagian besar hanya untuk membaca dan membaca. Dia merasa buku itu adalah sahabat setianya yang selalu menemaninya di setiap saat. Tapi kadang-kadang menurut penglihatan saya orang yang suka membaca itu biasanya orangnya cupu dan suka memakai kaca mata, tapi tidak semuanya begitu tapi mungkin hampir begitu sebagian.  Membaca terlalu keseringan sebenarnya tidak baik juga karena akan meyebabkan sakit mata . lihat saja orang yang suka membaca pasti dia memakai kaca mata. Dengan membaca terus menerus mata akan lelah dan  kering itulah yang menyebabkan orang  yang menyebabkan memakai kacamata.  Memang membaca itu adalah  penting tapi usahakanlah jangan membaca terlalu keseringan dengan jarak dekat dan jangan membaca di tempat yang gelap sebab itu merusak mata juga.

Di sekolah saja kebanyakan kita membaca, yaitu membaca ilmu pelajaran . dan pelajaran ilmu itu  banyak sampai sampai kita tidak mungkin habis membaca nya satu persatu karena banyaknya. Sampai-sampai kita pun males membacanya satu persatu.

Membaca kadang kalanya bisa menghilangkan stress misalkan kita membaca buku komedi atau yang lain-lainya bisa yang  membuat kita ketawa sendiri, karena terlalu banyak kerjaan yang menumpuk atau ketika  kita sedang bosan, kadang membaca juga bisa membuat kita menangis karena terbawa alur yang ada didalam buku itu, atau kita bisa marah atau emosi . tergantung buku apa yang kita baca yang membuat kita bisa begitu.

Pernah terlintas di pikiranku, mengapa harus ada orang tunanetra apakah itu sebuah cobaan atau memang takdir, tapi menurutku itu memang sebuah takdir yang harus diterima olehnya walaupun dia tidak menerimanya . harus bagaimana lagi sebab dia berbuat apapun  dioperasi sekalipun dia tidak akan bisa melihat juga karena memang sudah bawaan sejak lahir. Kalau dia mungkin pernah tabrakan dan buta mungkin masih bisa di operasi tapi kalo sudah bawaan sejak lahir itu adalah takdir. Waaupun dia begitu tapi dia juga tidak mau hanya begitu saja, bahkan para tunanetra pun bisa membaca walaupun bukan dengan mata, itu adalah salah satu hal yang luar biasa di bandingkan dengan manusia. Para tunanetra sekalipun dia masih belajar membaca walaupun caranya berbeda, sedang manusia normal walaupun dia punya penglihatan normal kadangt masih ada yang belum bisa membaca, bagaimana jika dia seperti para tunanetra tadi mungkin dia akan menyesal .

Perbedaan orang sukses dengan orang biasa adalah salah satunya yaitu membaca, kenapa membaca sebab jika orang suka membaca dia akan berfikir dan berfikir dan dapatlah sebuah kreatifitas yang dikembangkan dan terus di kembangkan lagi .  sedangkan orang biasa atau yang hidupnya pas pasan, di dalam hidupnya  hanya untuk bekerja demi mencari sesuap nasi dan tidak memikirkan masa depan.

Hampir di setiap jalan, rumah, dan yang lainya selalu ada tulisan . misalkan kita mau ke luar kota tapi kita tidak bisa membaca, apakah kita akan sampai ketempat tujuan atau mungkin kita akan kesasar karena kita tidak bisa membaca. Itulah salah satunya guna membaca. Oleh karena itu sejak kecil tertanam di hati kita untuk selalu membaca dan membaca . agar suatu saat kita bisa menjadi orang yang sukses, serta bisa berguna bagi nusa dan bangsa,  dan mudah-mudahan dengan membaca ilmu apapun itu kita bisa mengambil hal yang positifnya dan bisa di kembangkan oleh kita sebab kreatifitas itu sangat penting di jama sekarang ini. Begitu banyak teknologi –teknologi yang bermunculan di era globalisasi ini, itu karena adalah hasil dari kreatifitas seseorang . kita bisa saja meniru apa yang ada di dalam buku yang kita baca tapi jangan hanya meniru saja , lebih baik kita meniru tapi selebihnya di kembangkan lagi oleh kita. Karena manusia itu tidak bisa hidup tanpa meniru. Begitupun kita masih bayi sampai sekarang kita pertama-tama pasti meniru orang lain tapi lama-lama otak kita akan berkembang dengan sendirinya , jadi otak kita tidak terpaku dengan apa yang kita baca dalam suatu buku apapun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s