Sakit Adalah pemberian dari Allah

Didalam hidup ini,  pasti semua orang sudah pernah merasakan yang namanya sakit,  bukan hanya di jaman sekarang saja, dijaman  nabi terdahulu pun sudah ada yang namanya penyakit. Penyakit  itu pun bermacam-macam ada penyakit kulit, kanker, jantung dll, Semua manusia tidak ingin ada yang namanya penyakit, tapi penyakit itu akan datang dengan sendirinya. Yaitu akibat perbuatan kita sendiri, akibat dari orang lain, ataupun akibat dari lingkungan.  Terkadang rasa sakit itu memang kita tidak menginginkanya, tapi dia akan datang kepada kita dengan sengaja atau tanpa sengaja.

Kadang manusia mengadu  dalam hatinya “ ya Allah kenapa saya di berikan cobaan ini, sembuhkanlah diri hamba ya Allah” padahal  allah memberikan kita sakit itu agar kita menjadi orang yang sabar , karena allah sedang menguji hambanya,  seberapa sabarnya hamba tersebut bisa sabar  dalam menghadapi cobaan yang Allah berikan.

Di dalam kehidupan,  ketika manusia di berikan kesehatan, kadang manusia tidak pernah mengingat tuhanya, dia  asyik dengan dirinya sendiri atau dengan  teman-temanya. Tetapi ketika Allah sudah memberinya penyakit, pasti dia akan meminta kepada tuhanya agar dirinya di berikan kesehatan. Tapi bukan dari sisi sakit saja manusia akan ingat dengan tuhanya , tapi masih banyak lagi contoh-contohnya.

Kenapa allah memberikan penyakit

Allah memberikan kita penyakit agar kita bisa sabar dalam menghadapi cobaan yang dia berikan,  dan agar kita senantiasa selalu mengingat Allah swt. Di dalam hidup ini allah itu memberikan penyakit yang bermacam-macam,   tetapi allah memberikan penyakit  agar manusia berfikir bagaimana mereka bisa menyembuhkanya.

Seperti dalam hadist berikut:

allah menurunkan penyakit dan menurunkan pula obatnya, diketahui oleh yang mengetahui dan tidak akan diketahui oleh orang yang tidak mengerti. (HR. Bukhari dan Muslim)

disini allah menjelaskan bahwa, semua penyakit itu ada obatnya. Tinggal bagaimana cara manusia untuk mencari apa dari penyakit itu. Karena semua penyakit itu sudah ada obatnya di dunia ini . tetapi ada juga manusia yang belum mengetahui obat penyakit yang susah di sembuhkan, misalnya HIV,  ini adalah salah satu penyakit yang susah di sembuhkan.  Kenapa,  walaupun allah mengatakan semua penyakit itu ada obatnya tapi manusia belum bisa mencari mana obat yang pas untuk penyakit itu, di dalam hati saya berkata,  itu mungkin sebuah azab yang melakukan perbuatan bebas yang memang belum ada obatnya sampai sekarang karena terlalu hina.

Dalam sebuah hadist di sebutkan:

Yang artinya : “Tidaklah seorang muslim ditimpa gangguan berupa sakit atau lainnya, melainkan Allah menggugurkan kesalahan-kesalahannya sebagaimana pohon menggugurkan daun-daunnya.” (HR. Al-Bukhari no. 5661 dan Muslim no. 6511)

Yang disini dimaksudkan yaitu, Allah memberikan cobaan kepada orang sakit sebenarnya untuk menggugurkan kesalahan-kesalahan yang dia perbuat. Agar manusia itu bisa bersabar dan selalu bertawakal kepada allah

Biasanya sebuah penyakit itu ada yang biasa dan ada juga yang parah, yang bisa mengakibatkan kematian. dari sekian banyak peristiwa di didunia ini rata-rata sakitlah yang membawa kita kepada kematian, selebihnya berupa tabrakan, kejadian alam, dll . dan sebenarnya penyakit itu adalah tanda-tanda dari Allah agar kita lebih bertaqwa lagi kepadanya, sebab salah satu tanda-tanda kematian yaitu sakit . oleh karena itu janganlah kita sampai sakit karena jika kita sakit akan sangat menyusahkan kita, oleh karena itu bersyukurlah bagi yang di beri kesehatan,  karena jika kita mempunyai rasa sakit di bagian tubuh kita, semua badan pun akan terasa sakit dan sangat tidak enak.

Kesehatan itu adalah suatu harga yang sangat berharga pada kita sebab jika kita sehat apapun kita bisa lakukan berbeda dengan yang sakit,

Saya sendiripun sebagai manusia pernah merasakan sakit, sakit itu memang benar-benar menyebalkan walaupun saya hanya sakit sariawan itu sangat mengganggu sekali, padahal hanya sakit sariawan tapi sakitnya sampai susah makan, rasanya itu sangat mengganggu sekali,

Itu hanya di lihat dari sakit biasa bayangkan jika ada seseorang mempunyai penyakit jantung atau liver, itu rasanya sangat menyedihkan sekali.

Seperti contoh teman saya, Teman saya pun pernah merasakan sakit jantung, saya pernah melihat betapa sakitnya dia di sekolah, jantungnya selalu di pegang sampai dia tidak bisa bergerak, dan walaupun akhirnya dia pingsan.,

Itupun rasa sakit jantung yang dia Alami bukan hanya di sekolahan saja,  tapi dimana saja ketika jantung itu menyerang, saya terkadang sangat sedih kita dia harus merasakan rasa sakit seperti itu, walaupun dia sudah di operasi dan akhirnya meninggal,

Saya pun menyadari betapa pentingnya kesehatan itu, menurut saya kesehatan itu adalah harta yang paling berharga di manapun, tetapi memang sesehat-sehatnya kita penyakit itu pun akan datang kepada kita, walaupun kita tidak menghendakinya. Karena semakin bertambahnya umur kekebalan tubuh semakin menurun, dan akan mudah terserang penyakit.

Apalagi saya sangat sedih jika ada yang mempunyai penyakit dari penyaki turunan, misalnya cacad, atau penyakit lainya seperti jantung dll

Dalam hati saya  kenapa dia mempunyai penyakit yang tidak dia kehendaki, padahal dia tidak punya salah karena bayi adalah suci, dan tidak punya dosa dan kenapa harus cacad ataupun penyakit yang lain, apakah semua itu salah orangtuanya yang punya penyakit

Tapi setelah saya pikir “ owh mungkin itu adalah cobaan karena manusia itu tidak ada yang sempurnya atau mungkin allah sedang mengujinya dengan memberikan cobaan seperti itu.

Jangankan dia yang sudah penyakit dari kecil kita saja  pun kadang-kadang masih ada rasa iri dengan orang lain walaupun kita terlahir normal atau tidak punya penyakit turunan .

Jika kita sakit maka berdoalah kepada allah agar kita di beri kesembuhan, karena jika kita berdoa dengan ridho dan tulus insya allah, allah pasti akan mengabulkanya  seperti dalam hadist berikut :

Mohonlah kepada Allah keselamatan dan afiat (kesehatan). Sesungguhnya tiada sesuatu pemberian Allah sesudah keyakinan (iman) lebih baik daripada kesehatan. (HR. Ibnu Majah)

Kalau kita perhatikan sekarang ini penyakit itu datang dan menyerang siapa saja, selain remaja, orang tua, anak-anak pun ikut terserang penyakit.  Seperti di mulai dari hal kecil saja misalkan jika kita membuang sampah sembarangan, itu sebenarnya hal yang yang yang sangat kecil tapi sangat berdampak besar. Lihat saja jika seseorang membuang sampah di bantaran kali atau got. Itu akan sangat mengganggu sekali, perlahan-lahan akan datang seekor nyamuk, dia akan berada di tempat yang kotor itu karena hidup seeekor nyamuk adalah berada di tempat kotor. Dan  suatu saat akan menggigigit kita, kita pun akan merasa demam yang sangat panas, dan kita pun menjadi sakit dan  apalagi gigitan seekor nyamuk itu bisa mengakibatkan kematian contohnya malaria. Sudah banyak orang yang meninggal karena hanya masalah sederhana itu. Oleh sebab itu sebelum semuanya terlambat marilah kita belajar dari diri kita sendiri, jangan selalu menganggap bahwa orang lain itu salah padahal kita yang salah .

Kita sebagai manusia juga tidak boleh sombong, jika sesama muslim ada yang sakit atau sedang berbaring lemas di rumahnya atau di rumah sakit, maka kita sebagai umat muslim harus menjenguknya karena selain menjaga silaturahmi dan mendapat berkah juga dari allah swt .

sesungguhnya Allah SWT berfirman pada hari qiyamat, “Hai.. anak Adam, Aku sakit, tetapi kalian tidak menjengukKU?”. “Ya Rabbi bagaimana aku menjenguk padaMu padahal Engkau Robbul Alamin (Tuhan semesta alam). Firman Tuhan : “Apakah anda tidak mengetahui bahwa hambaKu fulan sakit, dan anda tidak menjenguknya, apakah anda tidak mengetahui sekiranya anda menjenguk pada­nya pasti anda mendapatkan Aku padanya (pahalaKu yang tidak terhingga besarnya)”. (H.R. Muslim).

 

Dalam hadist itu di sebutkan jika  ada seseorang yang sakit dan kita menjenguknya maka kita akan meandapatkan pahala yang besar yang tak ternilai oleh Allah .

Oleh karena itu bersyukurlah masih di beri kesehatan oleh Allah,  sebab kesehatan itu adalah harta yang tak ternilai harganya. dan janganlah sekali-kali kamu bersifat sombong sebab jika kita sombong siapa yang akan mengurus kita, memperhatikan kita,  dan menjaga kita jika suatu saat kita sudah  tidak punya keluarga lagi

Cukup sekian daris saya kurang dan lebihnya saya minta maaf

Iklan

2 pemikiran pada “Sakit Adalah pemberian dari Allah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s